Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Undangan Pernikahan DOFF, GLOSSY dan Tanpa Laminasi

MdPrinting.id - Sebelumnya, saya sudah memberikan informasi mengenai tempat cetak undangan custom hardcover dan softcover murah di surabaya. Salah satu hal yang membedakan harga dari undangan custom itu sendiri, adalah jenis laminasinya, nah pada postingan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Perbedaan Undangan Pernikahan DOFF, GLOSSY dan Tanpa Laminasi.
Perbedaan Undangan Pernikahan DOFF, GLOSSY dan Tanpa Laminasi
Proses Laminasi Undangan Pernikahan
Dimulai dari proses laminasi itu sendiri, laminasi adalah sebuah pelapisan bahan tipis (berbahan plastik) pada kertas dengan tujuan untuk melindungi kertas agar lebih awet dan tahan lama. Ada banyak sekali jenis laminasi yang tersedia dalam dunia percetakan, namun jenis laminasi yang paling umum digunakan untuk pelapisan undangan pernikahan adalah laminasi DOFF dan GLOSSY.

Apa bedanya dengan undangan tanpa laminasi? undangan custom, baik itu softcover maupun harcover dibuat menggunakan bahan kertas yang tebal, sehingga akan menimbulkan bekas lipatan putih ketika dilipat (khususnya warna gelap). Selain itu, kertas yang dilaminasi akan terasa lebih tebal dan kaku saat di pegang, jadi saya sarankan menggunakan laminasi saja agar cetakan undangan pernikahan kamu menjadi lebih keren dan elegan.

Selain dua jenis laminasi tersebut, ada beberapa jenis laminasi lain dalam dunia percetakan, berikut ini adalah beberapa informasi mengenai macam - macam jenis laminasi tersebut.

Jenis - Jenis Laminasi Yang Dipakai Pada Hasil Percetakan


1. GLOSSY
Laminasi GLOSSY adalah proses pelapisan bahan pada kertas dengan hasil yang mengkilap dan berkliau. Hasil cetakan dengan laminasi glossy memiliki permukaan yang licin dengan hasil warna cetakan yang lebih tajam karena bersifat menyerap tinta. Selain digunakan untuk undangan pernikahan, jenis laminasi ini biasanya digunakan untuk poster, brosur, paflet dan berbagai produk percetakan lainnya.

2. DOFF
Laminasi DOFF adalah kebalikan dari laminasi glossy, hasil cetakan dengan laminasi DOFF memiliki permukaan yang tidak mengkilap dan tidak licin. hasil cetakan yang dilaminasi DOFF akan terkesan elegan, menghalangi kotoran dan bekas sidik jari pada hasil cetakan. Cahaya juga tidak akan memantul dari kertas jika dibandingkan dengan hasil laminasi glossy. Finishing laminasi doff dalam dunia percetakan biasanya digunakan untuk undangan, cover buku, foto dan amplop.

3. Window
Laminasi Window adalah laminasi untuk pembuatan jendela atau window pada hasil cetak yang berlubang. Laminasi ini memiliki karakter yang sedikit mengkilap, biasanya jenis laminasi ini digunakan untuk untuk pembuatan kotak roti atau cake dengan tujuan agar isi dari kotak terebut terlihat dari luar tanpa harus membuka kotak. Seperti pada kebanyakan kemasan roti, pada bagian atas kotak terdapat lubang yang dilapisi dengan plastik tipis sehingga kita dapat melihat kue dari posisi luar.

4. Spot Uvi
Laminasi Spot Uvi Adalah proses laminasi dengan hasil mengkilap yang hampir sama dengan Glossy. Hanya saja, Spot UVI tidak untuk melapisi semua permukaan kertas cetakan. Melainkan hanya pada bagian - bagian tertentu saja dan melapisi jenis laminasi lain. Seperti gambar dibawah ini, hasil cetakan sebenarnya adalah laminasi DOFF namun dibagian teksnya terlihat mengkilap karena dilapisi Spot Uvi.

5. Varnish Uvi
Secara teori Varnis Uvi  tidak tergolong jenis laminasi, karena prosesnya tidak membungkus hasil cetakan dengan lapisan platik tipis seperti laminasi doft dan glossy. Namun corak dan karakternya adalah seperti glossy. Mengkilap dan licin. Akan tetapi Varnis uvi ini tidak begitu melindungi hasil cetakan. Karena prosesnya hanya disemprot dangan cairan tertentu saja.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai perbedaan dan macam - macam laminasi, jika kamu akan membuat undangan pernikahan "Grosir Undangan Surabaya (@undanganpernikahan.ig)" adalah solusi terbaik percetakan undangan di surabaya. Pemesanan undangan itu hanya sekali dalam seumur hidup, jadi pastikan tidak salah pilih dan menemukan yang terbaik untuk acara pernikahan anda.

MdPrinting.id : Perbedaan Undangan Pernikahan DOFF, GLOSSY dan Tanpa Laminasi

Posting Komentar untuk "Perbedaan Undangan Pernikahan DOFF, GLOSSY dan Tanpa Laminasi"